Jurnal Kependidikan

IMPLEMENTASI METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI

Judul : IMPLEMENTASI METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI
Penulis : Olviani Cipta Ningsi Tarinje 1
   

1)Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Sintuwu Maroso Poso

Penerbit : FKIP Universitas Sintuwu Maroso
Kata Kunci : metode inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, anak usia dini

RINGKASAN


Pembelajaran anak usia dini hendaknya mementingkan proses saat anak belajar dari pada hasil karya anak. Hal ini menjadi dasar mengapa keterampilan proses sains anak perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak usia dini melalui implementasi metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B1 TK ABA 24 Malang dengan jumlah 26 anak yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains anak usia dini melalui metode inkuiri terbimbing.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Implementasi metode inkuiri terbimbing telah dilaksanakan dengan rata-rata persentase penerapan sebesar 81,31% pada siklus I dan 93,56% pada siklus II. Persentase penerapannya dilihat dari lembar penilaian observasi kegiatan guru yang diisi oleh observer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains anak dapat meningkat melalui implementasi metode inkuiri terbimbing. Pada siklus I, rata-rata persentase keterampilan proses sains anak adalah 68,67% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 20% menjadi 88,67%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan proses sains anak usia dini dapat meningkat melalui metode inkuiri terbimbing. Oleh karena itu, peneliti mengharapkan agar para guru perlu dilatih untuk memiliki pengetahuan lebih tentang model pembelajaran yang cocok bagi anak usia dini yang dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak.


Download Pdf