Jurnal Maroso

ANALISIS BIAYA LELANG PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI DI LINGKUNGANGAN PEMDA KABUPATEN MOROWALI

Judul : Analisis Biaya Lelang Pada Pekerjaan Konstruksi di Lingkungan PEMDA Kab Morowali
Penulis : Marthen M.Tangkeallo1
   

1)Staf Pengajar Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sintuwu Maroso Poso

Penerbit : Fakultas Teknik Universitas Sintuwu Maroso
Kata Kunci : Biaya, Lelang, Pekerjaan Konstruksi

ABSTRAK


Salah satu biaya yang dikeluarkan dan disediakan untuk setiap tahunnya oleh kontraktor adalah biaya untuk mengikuti pelelangan. Meskipun kecil, biaya ini perlu diperhitungkan sebagai biaya dalam pekerjaan konstruksi. Ditinjau dari aspek biaya, maka biaya mengikuti pengadaan akan mencakup biaya penyiapan dokumen guna melengkapi persyaratan dalam mengikuti seleksi prakualifikasi, biaya penyiapan dan pembuatan dokumen penawaran serta kebutuhan transportasi selama mengikuti proses pelelangan. Mengingat banyaknya peserta dalam suatu proses lelang maka tidak semua penyedia jasa yang mengikuti pelelangan dapat memenangkan jenis pekerjaan yang diinginkan. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan dan menjadi suatu pertanyaan yang perlu diurai dalam penelitian ini yaitu, ”Berapa besar biaya yang dikeluarkan oleh kontraktor untuk mengikuti proses lelang”.

Dokumen lelang adalah dokumen yang disiapkan oleh panitia pengadaan dan ditetapkan oleh pengguna jasa sebagai pedoman dalam proses pembuatan dan penyampaian penawaran oleh calon peserta lelang serta sebagai pedoman evaluasi penawaran oleh panitia pengadaan.Dokumen penawaran adalah surat penawaran dan seluruh dokumen lampirannya.Substansi penawaran adalah hal-hal pokok dalam penawaran yang menentukan sah atau tidaknya penawaran yang dinyatakan dalam instruksi kepada peserta lelang.

Besarnya biaya yang dikeluarkan selama mengikuti pelelangan untuk paket pekerjaan konstruksi Pembangunan Jalan dengan nilai pagu 100 jt s/d 1 miliar tidak bergantung pada nilai pagu anggaran namun cenderung bervariatif.

 


Download Pdf